KURASI

Syarat dan Ketentuan 2021

Effective date: 01 February 2021

BIAYA KIRIMAN

  1. Biaya kiriman KURASI merujuk kepada Rate Guide dan/atau Shipping Calculator yang dapat diakses melalui akun KURASI. Biaya kiriman KURASI selalu menggunakan dasar mata uang Rupiah (IDR).

  2. Biaya kiriman KURASI dihitung sesuai dengan yang lebih tinggi nilainya, berdasarkan berat aktual dan/atau berat volumetrik dari setiap paket.

  3. Biaya kiriman KURASI akan ditagihkan setelah dilakukan pengukuran dan/atau penimbangan kembali setelah paket tersebut tiba di kantor KURASI.

  4. Batas maksimum pembayaran tagihan biaya kiriman KURASI selambat-lambatnya 3 (tiga) jam setelah pemberitahuan tagihan dikirimkan secara elektronik melalui surel dan/atau terlihat pada akun masing-masing pelanggan. Proses pembayaran harus dilakukan melalui akun KURASI milik masing-masing pelanggan, dengan pilihan metode transfer antar bank dan/atau Paypal. Keterlambatan pembayaran akan berakibat kepada penangguhan pengiriman.

  5. Paket akan berada dalam area penangguhan selama 1 (satu) x 24 jam sebelum di kembalikan kepada pelanggan (pemilik paket) atas biaya sendiri, atau dihancurkan. KURASI tidak bertanggung jawab atas kerusakan dan/atau kehilangan paket setelah melewati masa penangguhan.

  6. Paket akan diproses setelah pembayaran telah diterima oleh pihak KURASI.

  7. Biaya Kiriman KURASI tidak termasuk biaya pengepakan paket. KURASI tidak menerima permintaan pengepakan paket untuk alasan apapun, pelanggan wajib melakukan pengepakan paket secara baik dan benar agar layak untuk diproses.

  8. Biaya Kiriman, baik untuk layanan KURASI Economy, KURASI Premium Plus, dan KURASI Express, akan ditinjau ulang dan/atau disesuaikan secara berkala. Dalam hal terdapat penyesuaian, dan/atau timbulnya biaya tambahan baru yang harus di tambahkan, maka akan diinformasikan paling lambat 2 (dua) hari kerja sebelum ketentuan biaya kiriman serta biaya tambahan yang baru, diberlakukan.


 

BERAT & DIMENSI KIRIMAN

A. Layanan KURASI Economy Standard (ES) & Economy Plus (EP)

  • Total dimensi paket (Panjang + Lebar + Tinggi) maksimum 900 mm (90 cm)

  • Sisi terpanjang paket maksimum 600 mm (60 cm)

  • Berat aktual paket maksimum 2000 gram (2 Kg).

  • Bila berat aktual melebihi ketentuan ini, maka paket akan dialihkan untuk dikirimkan menggunakan layanan KURASI Express dengan ketentuan harga yang berlaku sesuai layanan yang akan digunakan, dan atas persetujuan pelanggan.

B. Layanan KURASI Premium Plus (PP)

  • Total dimensi paket (Panjang + Lebar + Tinggi) maksimum 600 mm (60 cm)

  • Sisi terpanjang paket maksimum 450 mm (45 cm)

  • Berat aktual paket maksimum 2000 gram (2 Kg).

  • Bila melebihi ketentuan ini, maka paket akan dialihkan untuk dikirimkan
    menggunakan layanan KURASI Express atau KURASI Economy dengan ketentuan harga yang berlaku sesuai layanan yang akan digunakan, dan atas persetujuan pelanggan.

C. Layanan KURASI Express (EX)

  • Dimensi paket (PxLxT) maksimum adalah 120 x 80 x 80 cm

  • Berat aktual paket maksimum 30 Kg

ASURANSI KIRIMAN

  1. Asuransi kiriman hanya terdapat pada layanan KURASI Express dan merupakan tambahan layanan yang dapat dipilih secara sukarela oleh pelanggan.

  2. Biaya asuransi kiriman adalah tambahan biaya yang harus dibayarkan oleh pelanggan.

  3. Besarnya biaya asuransi untuk layanan KURASI Express adalah sebesar Rp. 150.000,- atau 2% dari nilai pabean (declared value) yang dinyatakan oleh pelanggan untuk satu paket kiriman, mana yang lebih tinggi nilainya.

  4. Biaya asuransi dibayarkan bersamaan dengan biaya kiriman.

  5. Biaya asuransi dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


 

NEGARA TUJUAN PENGIRIMAN

A. Layanan KURASI Economy Standard (ES) & Economy Plus (EP)

  • Seluruh negara dapat dilayani, kecuali Indonesia, Singapore, dan/atau negara lainnya yang sewaktu-waktu dikenakan embargo dan pelarangan.

B. Layanan KURASI Premium Plus (PP)

  • Negara tujuan untuk layanan ini hanya United States of America (US).

C. Layanan KURASI Express (EX)

KLAIM

  1. Apabila terdapat kerugian, kehilangan, dan kerusakan pada kiriman yang menggunakan layanan KURASI Economy Standard dan KURASI Premium Plus yang terjadi selama pengiriman berlangsung, maka tidak terdapat kompensasi penggantian paket dan/atau biaya pengiriman.

  2. Apabila terdapat kerugian, kehilangan, dan kerusakan pada kiriman yang menggunakan layanan KURASI Economy Plus yang terjadi selama pengiriman berlangsung, maka terdapat kompensasi sebesar maksimal USD 20.00 dengan ketentuan klaim dilakukan setelah 18 hari kalender atau maksimal 90 hari kalender setelah tanggal pengiriman. Kompenssi dapat diproses maksimal 10 hari kerja setelah
    proses investigasi selesai dilakukan atas paket tersebut. Proses investigasi dapat memakan waktu 30 - 45 hari kerja. Klaim hanya berlaku untuk kompensasi nilai paket. Tidak ada kompensasi untuk biaya pengiriman.

  3. Apabila terdapat kerugian, kehilangan dan kerusakan pada paket kiriman yang menggunakan layanan KURASI Express yang terjadi selama pengiriman berlangsung, maka tanggung jawab KURASI terhadap kiriman yang diangkut melalui udara (termasuk tambahan angkutan darat atau pemberhentian dalam perjalanan) dibatasi oleh Konvensi Montreal atau Konvensi Warsawa sebagaimana berlaku, atau apabila tidak aturan dalam Konvensi tersebut, yaitu yang mana yang lebih rendah dari (i) harga pasar pada saat itu atau nilai yang dinyatakan (declared value), atau (ii) 19 Special Drawing Rights per kilogram (sekitar USD 26.00 per kilogram). Apabila Pengirim menganggap batasan di atas tidak mencukupi, maka Pengirim harus menyatakan nilai Kiriman dan meminta layanan tambahan asuransi kiriman sebagaimana dijelaskan sebelumnya atau mengatur asuransinya sendiri. Tanggung jawab KURASI hanya terbatas pada kehilangan dan kerusakan langsung pada Kiriman dan pada batasan per kilogram di angka ini. Setiap jenis kehilangan dan kerusakan lainnya dikecualikan (termasuk namun tak terbatas pada kehilangan keuntungan, pendapatan, bunga, bisnis), baik kehilangan atau kerusakan tersebut adalah khusus, tidak langsung, dan walaupun resiko kehilangan atau kerusakan tersebut sudah ditunjukkan kepada KURASI. Klaim hanya berlaku untuk kompensasi nilai paket. Tidak ada kompensasi untuk biaya pengiriman.

  4. Segala bentuk klaim harus diajukan secara tertulis kepada KURASI, paling tidak melalui surel ke cs@kurasi.co.id. Pengajuan klaim tidak dapat dilakukan melalui WhatsApp atau secara verbal.

RETUR

A. Layanan KURASI Economy Standard (ES) & Economy Plus (EP)

  1. KURASI tidak menyediakan fasilitas retur paket untuk layanan KURASI Economy.

  2. Dalam kondisi tertentu, dimana terdapat paket layanan KURASI Economy yang

    kembali ke lokasi KURASI yang berada di Singapura, dan pemilik paket menginginkan agar paket tersebut dikembalikan ke Indonesia, hal ini dapat dilakukan dengan syarat:

    • Biaya kirim dari Singapura ke Indonesia ditanggung sepenuhnya oleh pemilik paket, dan harus dibayarkan sebelum proses pengiriman dilakukan. KURASI akan menginformasikan besarnya biaya kirim kepada pemilik paket.

    • Seluruh urusan perpajakan, bea masuk, dan biaya-biaya yang mungkin terjadi karenanya, menjadi tanggung jawab pemilik paket.

    • Paket yang berhasil kembali ke lokasi KURASI di Jakarta, akan diinformasikan kepada pemilik paket. Biaya pengiriman domestik dari lokasi KURASI di Jakarta ke lokasi pemilik paket, menjadi tanggung jawab pemilik paket.

B. Layanan KURASI Premium Plus (PP)

Dalam kondisi tertentu, dimana terdapat paket yang tidak bisa diantar ke alamat tujuan dengan alasan apapun (misalnya penerima tidak bersedia membayar pajak, alamat tidak ditemukan, dan lainnya), serta pemilik paket menginginkan agar paket tersebut dikembalikan ke Indonesia, hal ini dapat dilakukan dengan syarat:

  • Biaya kirim ke Indonesia ditanggung sepenuhnya oleh pemilik paket, dan harus dibayarkan sebelum proses pengiriman kembali dilakukan.

  • Seluruh urusan perpajakan, bea masuk, dan biaya-biaya yang mungkin terjadi karenanya, menjadi tanggung jawab pemilik paket.

  • Paket yang berhasil kembali ke lokasi KURASI di Jakarta, akan diinformasikan kepada pemilik paket. Biaya pengiriman domestik dari lokasi KURASI di Jakarta ke lokasi pemilik paket, menjadi tanggung jawab pemilik paket.

C. Layanan KURASI Express (EX)

DAFTAR BARANG YANG DIKATEGORIKAN BARANG BERBAHAYA

A. Kiriman yang memiliki /mengandung produk dibawah ini tidak dapat dilayani pengirimannya oleh KURASI

  1. Semua jenis aerosols, termasuk hair spray, parfum spray, dan deodorant, karena mengandung compressed gases.

  2. Air bag inflators dan module atau seat-belt pretensioners yang di instalasi di komponen kendaraan atau terpisah.

  3. Minuman yang mengandung alkohol lebih dari 24% secara volumetrik, yang dapat menyebabkan kebakaran.

  4. Baterai yang dikategorikan berbahaya karena mengandung acid / alkaline.

  5. Baterai yang mengandung lithium - ion/polymer/metal - baik itu dikirim terpisah atau bersamaan dengan produkl elektronik seperti telepon genggam, kamera digital, dan powerbank.

  6. Zat korosif seperti sat asam, cat, dan pewarna korosif, cat penghilang karat, soda api, merkuri, dan gallium metal.

  7. Amunisi atau alat dan bahan peledak seperti blasting caps, komponen airbag mobil, kembang api, dan sejenisnya.

  8. Bahan-bahan bekas seperti minyak mesin bekas dan baterai bekas.

  9. Pestisida, herbisida, insektisida, dan racun seperti arsenik, sianida, racun tikus.

  10. Cairan yang mudah terbakar seperti aseton, benxene, petroleum, cairan pemantik, cat, thinner dan remover, cat pernis dan remover, enamels dan bahan adhesive lainnya.

  11. Zat yang mudah terbakar seperti magnesium, fosfor, potassium, sodium, hydride, bubuk Zinc.

  12. Kosmetik mudah terbakar seperti cat kuku, parfum, eau de toilette, dan aftershave.

  13. Korek api, pemantik, dan isi ulang pemantik yang mengandung cairan dan gas yang mudah terbakar. Termasuk juga pemantik yang berisi bensin dan pemantik butane.

  14. Gas, baik yang mudah terbakar maupun tidak. Seperti butane, ethane, methane, propane, fire extinguishers, scuba tanks.

  15. Karbon dioksida solid (Dry Ice)

  16. Bahan Oksidasi dan Peroksida organik seperti disinfektan dan nitrates, bahan pewarna rambut dan pewarna lainnya yang mengandung peroksida.

  17. Zat terinfeksi atau zat biologis yang mengandung pathogens atau zat lainnya yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia dan binatang seperti bakteri, virus, parasite, prions.

B. Jenis barang lainnya yang dilarang/tidak dapat dikirim melalui KURASI:

  1.  Minuman beralkohol

  2. Kulit binatang (yang tidak memiliki izin karantina)

  3. Barang berharga (misalnya karya seni, barang antik, batu mulia, emas dan perak)

  4. Uang tunai

  5. Barang berbahaya / bahan berbahaya (mengikuti peraturan IATA untuk expedited, dan mengikuti peraturan standar ADR)

  6. Bulu binatang

  7. Binatang yang dilindungi

  8. Semprotan incapacitating

  9. Ink atau Toner Cartridges

  10. Produk gading dan gading

  11. Pisau atau senjata

  12. Binatang hidup atau Tanaman Hidup

  13. Daging atau produk hewani

  14. Paspor

  15. Racun

  16. Bahan pornografi

  17. Biji-Bijian tanaman

  18. Tembakau, rokok, dan produk tembakau lainnya.

  • Seluruh negara dapat dilayani, kecuali Indonesia, Nigeria, Ascension, Azores, Basas da India, British Antartic, British Indian Ocean, Christmas Island, Cocos Island, Corsica, Corzet Islands, Finlnad 5 Marshall Islands, Glorieuses, Guernsey, Iraq, dan/atau negara lainnya yang sewaktu-waktu dikenakan embargo dan pelarangan.

  • Khusus untuk Russia, pengiriman menggunakan alamat pribadi (non perusahaan) tidak dapat dilayani. Pengirim wajib mencantumkan alamat perusahaan, nama perusahaan, dan nama penerima paket secara jelas.

  • Pengiriman ke alamat P.O. BOX tidak dapat dilakukan untuk semua negara tujuan.

  • Apabila lokasi pengiriman berada diluar jangkauan, maka akan dikenakan biaya
    kirim tambahan (Remote Area Surcharge). Biaya tambahan berlaku di tiap kiriman ketika lokasi pengiriman di luar jangkauan. Remote didefinisikan sebagai pulau dan dataran tinggi, atau kode pos yang sulit untuk dilayani, atau pinggiran / kota yang jauh, tidak dapat diakses atau jarang dilayani. Silahkan menghubungi Layanan Pelanggan KURASI untuk pengecekan area tujuan.

  1. KURASI tidak menyediakan fasilitas retur paket ke Indonesia untuk layanan KURASI Premium Plus.

  2. Dalam kondisi tertentu, dimana terdapat paket layanan KURASI Premium Plus yang kembali ke lokasi KURASI yang berada di US (United States of America), maka KURASI akan segera menginfokan kepada pemilik barang terkait paket tersebut, dan pemilik paket memiliki 2 (dua) opsi sebagai berikut:

    • Mengabaikan paket dan setuju bahwa paket tersebut akan dihancurkan.

    • Melakukan permohonan untuk dilakukan pengiriman kembali kepada penerima
      paket.

  3. Pemilik paket akan dikenakan kembali biaya kiriman yang sama. Pemilik paket memiliki waktu 2 x 24 jam sejak diinformasikan oleh pihak KURASI, untuk memilih opsi yang tersedia. Bila tidak ada keputusan setelah periode tersebut, paket akan diabaikan dan/atau dihancurkan.